Sabtu, April 20, 2024
KesehatanPemerintahan

Melalui Program JKN-KIS, Warga Berharap Dapat Pelayanan Kesehatan Dengan Mudah

Kotabumi Lampura | Lensaexpose.com

Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang dihadirkan melalui BPJS Kesehatan bertujuan untuk memberikan jaminan kesehatan kepada seluruh pesertanya.

Jaminan Kesehatan yang diselenggarakan secara nasional berdasarkan prinsip asuransi sosial dan prinsip ekuitas ini telah memberikan banyak manfaat bagi masyakat, salah satunya adalah Sri Wida, warga Tanjung Aman, Kotabumu, Kabupaten Lampung Utara.
Saat ditemui awak media di kediamannya pada Kamis (28/10), Sri Wida menceritakan pengalamannya saat berobat ke rumah sakit menggunakan kartu KIS.

“Saya menderita penyakit rematik tulang dan beberapa kali sempat dirawat di rumah sakit juga. Namanya juga faktor usia, makanya saya harus bolak-balik ke rumah sakit untuk menjalani perawatan sampai sehat seperti sedia kala. Untung saja saya sudah punya kartu KIS,” ungkap Sri.

Bagi Sri, menjadi Peserta JKN-KIS adalah salah satu hal yang sangat ia syukuri. Penyakit rematik yang ia derita membutuhkan pengobatan secara berkala, tanpa kartu KIS tentu biaya yang harus ia keluarkan tidak sedikit jumlahnya.

“Saya sudah memegang kartu KIS ini sejak lama. Sejauh ini Program JKN sudah banyak membantu saya dalam menjaga kesehatan keluarga, terutama saya sendiri yang harus berobat secara rutin. Dengan menunjukkan kartu KIS, pengobatan saya ini gratis lho,” tambahnya.

Dahulu pengobatan di rumah sakit hanya bisa diakses oleh sebagian orang karena biayanya yang mahal. Namun kini berkat Program JKN-KIS semua orang tanpa terkecuali bisa mendapatkan layanan kesehatan yang dibutuhkan.

“Bagi saya yang kurang mampu ini tentu kehadiran Program JKN adalah penyelamat. Untuk itu saya selalu menyarankan bagi masyarakat yang belum memiliki kartu KIS untuk segera mendaftarkan diri ke kantor cabang BPJS Kesehatan terdekat. Kita tidak selamanya sehat dan terkadang tidak memiliki uang, jika sakit saat tidak memiliki uang ya kartu KIS inilah yang menolong kita,” lanjut Sri.

Menurut Sri, pelayanan kesehatan yang ia terima di puskesmas dan rumah sakit sudah sangat baik dan tidak membingungkan. Sri berharap kedepannya mutu layanan BPJS Kesehatan semakin baik dan semakin mempermudah masyarakat dalam mengakses layanan kesehatan. (Zulkarnain)

 

Editor : Admin

Loading