Sabtu, April 20, 2024
Jawa TengahPemerintahan

Kades Cimanggu Dua Tinjau Pembangunan Betonisai Jalan Lintas Desa Melalui Program Samisade

BOGOR | Lensa Expose.com

Senan, Kepala Desa Cimanggu Dua, Kecamatan Cibungbulang Kabupaten Bogor, meninjau langsung pelaksanaan betonisai jalan desa yang tengah dikerjakan oleh swadaya masyarakat setempat (padat karya), Senin (4/10/2021).

Pembangunan betonisasi jalan desa itu dengan volume (650 x 3,5 x 0,20 M) yang berlokasi di Kp. Kalapa Rw 01 – Kp. Cibungbulang Rw 09 melalui program Bupati Bogor Ade Yasin yakni, Satu Milyar Satu Desa (Samisade) tahap kedua (60%) anggaran tahun 2021 sebesar Rp. 500.000.000,- (termasuk pajak dan upah).

Informasi yang dihimpun, pengerjaan betonisasi jalan tersebut sudah berjalan selama 4 (empat) hari, dari tanggal 01 Oktober 2021 lalu yang dikerjakan secara swadaya masyarakat atau padat karya.

“Iya pengerjaan betonisasi ini sudah berjalan empat hari yang dikerjakan oleh swadaya masyarakat setempat dengan cara bergilirian. Karena pengecorannya dilakukan di malam hari, supaya tidak mengganggu aktivitas warga setempat maupun pengguna jalan,” ujar Kades saat meninjau lokasi pembagunan tersebut,” (4/10).

Senan menjelaskan, pengerjaan betonisasi ini menlajutkan program Samisade tahap yang kedua, dimana tahap yang pertama (40%) sudah kita kerjakan.

“Jadi untuk pelaksanaan hari ini, yaitu betonisasi jalan desa dari program Bupati Bogor Ade Yasin yakni Samisade yang 60% yang sudah berjalan selama empat hari, dimana tahap sebelumnya yang 40% sudah kita bangunkan.” jelasnya.

Jalan ini juga kata Senan, merupakan jalan lintas desa yang menghubungkan dua desa, yakni desa cimanggu dua dan desa cimanggu satu.

“Jadi jalan lintas desa ini bukan hanya menghubungkan dua desa saja, akan tetapi jalan ini juga menjadi jalan alternatif bagi pengemudi roda dua maupun roda empat yang hendak bepergian ke arah bogor jika ada kemacetan di jalan raya cibungbulang,” tutur Kades yang menjabat 3 priode itu.

Kades menambahkan, dengan dibangunnya jalan ini yang melaui program samisade, warga masyarakat setempat menyambut sangat antusias. “Kalo dilihat dari swadaya masyarakat, warga sangat antusias, terutama untuk asumisi,” katanya.

Alhamdulillah sambung kades, memlalui program samisade ini semua desa mendapatkan alokasi untuk pembangunan infrastruktur. “Karena anggran dana desa yang digelontorkan oleh pusat, itu semua habis untuk penanganan covid-19 dan pemberdayaan,” cetusnya.

Dirinya berharap, dengan adanya pembangunan ini, mudah-mudahan aktivitas warga semakin lancar dan perekonomian warga masyarakat cimanggu dua lebih meningkat lagi.

Sementara itu, Gabril Rt setempat mengatakan, warga masyarakat setempat sangat antusias dengan adanya pembangunan jalan tersebut. Karena untuk mempermudah akses atau aktivitas warga sehari-hari.

“Alhamdulillah melalui program samisade ini, jalan ini dibangun dengan betonisasi untuk memperlancar mobilitas warga dan meningkatkan perekoniman warga sekitar,” tukasnya. (Rdy)

 

Editor : Admin

Loading