Sabtu, April 20, 2024
Pemerintahan

Desa Cigawir Selaawi Wakili Garut Untuk Penilaian Desa Kadar Hukum Tingkat Provinsi Jawa Barat

GARUT | Lensa Expose.com

Penilaian Desa/ Kelurahan sadar hukum tingkat provinsi Jawa Barat, Desa Cigawir Kecamatan Selaawi mewakili desa kadar hukum dari Kabupaten Garut Jadi sampel untuk menuju ke tingkat provinsi.

Melalui penilaian keluarga sadar hukum (KADAR HUKUM) kita tingkatkan pemahaman hukum masyarakat demi terwujud nya kesadaran hukum masyarakat,” katanya. Kamis,23 September 2021.

Kepala desa cigawir mengatakan, Alhamdulilah terimakasih atas kepercayaan dan dukungan serta do’anya, desa cigawir diberi kesempatan mewakili desa dari kecamatan Selaawi untuk mengikuti penilaian desa kadar hukum dari Kabupaten Garut menuju ke tingkat provinsi .

“Kadar hukum sangat penting sekali bagi siapa pun, khususnya bagi masyarakat desa cigawir karna negara Indonesia ini negara hukum dan masyarakat cigawir harus lebih di tingkatkan lagi kesadaran hukumnya,” Jelasnya.

Arief PLT kepala Biro Hukum dan Ham menjelaskan, Penilaian desa kadar hukum ini suatu program di biro hukum dan ham, erta program unggulan dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, program ini yang sudah di mulai dari tahun 2014 sampai tahun ini di laksanakan.

“Penilaian desa kadar hukum di provinsi Jawa Barat ini di berbagai desa di beberapa wilayah kabupaten sedang melakukan proses penilaian desa kadar hukum,” katanya.

Arief menjelaskan, ada beberpa kreteria yang harus di tempuh dalam proses penilaian sesuai surat edaran dari BPHM Kementrian Hukum dan Ham, tim penilaian pun dari biro hukum dan nanti desa yang juara dari desa kadar hukum ini akan mendapatkan hadiah Insentip 10 juta rupiah di gunakan untuk meningkatkan kadar hukum di desa setempat.

“Kreteria yang harus di tempuh dalam penilaian, seperti pencegahan penyebaran narkoba, pencegahan KDRT dan mentaati peraturan-peraturan desa,” Jelasnya.

Ditahun ini kata Arief, ada tambahan kreteria penilaian desa kadar hukum, kreterianya di desa harus ada posko covid-19, dan ada lagi program gubernur jawa barat yaitu program desa wisata program unggulan provinsi Jawa barat,” tandasnya. (Rais/Dede Oren)

 

Editor : Admin

Loading