Ingin Pulihkan Ekonomi Warga Setelah Pandemi,  Pemdes Situsari Harapkan Situ Tunggilis Jadi Destinasi Wisata Keluarga

BOGOR, Lensa Expose.com

Situ Tunggilis yang berlokasi di Desa Situsari, Kecamatan Cileungsi Kabupaten Bogor Jawa- Barat dengan luas wilayah situ tersebut sekitar 35 hektar.

Situ Tunggilis itu juga memiliki lahan yang sangat strategis, dan parkiran yang luas serta menyuguhkan wisata alam yang masih asri dengan pepohonan hijau. Lokasinya tidak jauh dari Jalan Raya, sangat memungkinkan untuk Objek Wisata di Kecamatan Cileungsi Kabupaten Bogor.

Maka dari itu, Pemerintah Desa (Pemdes) Situsari bersama BUMDES nya punya inisiatif ingin mewujudkan situ Tunggilis ini menjadi tempat hiburan keluarga.

Dikesempatan ini (Kamis,2/9/2021) ditepian situ tunggilis, pemdes situ sari mengundang Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kab. Bogor, Fakultas Tehnik Pakuan, Camat Cileungsi dan jajarannya untuk meminta arahan dan dukungan supaya terwujudnya situ Tunggilis menjadi destinasi wisata.

Kepala desa situsari M. Dahlan mengatakan, kami pemerintah desa situ sari mewakali warga desa situ sari sangat mengharapkan situ Tunggilis ini terwujud jadi destinasi wisata keluarga, dan cocok untuk semua kalangan.

“Kenapa kami sangat mengharapkan ini terwujud, karena sangat berpotensi mengurangi pengangguran di desa ini, dan juga menambah pemasukan keuangan BUMDES yang akan membantu kegiatan operasional pemerintah desa untuk kesejahteraan warga situ sari. Dan apabila terwujud, nantinya sudah tentu badan usaha milik desa (BUMDES) situ sari yang mengelolanya,” ujar M. Dahlan.

“Saya atas nama pemdes situ sari mengucapkan banyak terimakasih kepada bapak camat dan jajarannya dan Fakultas Tehnik Pakuan yang menyempatkan waktunya hadir pada hari ini untuk memberikan arahan dan dukungan kepada kami. Saya mohon maaf apabila ada kekurangan dalam penyambutan tamu-tamu undangan semuanya yang kurang berkenan.” ungkapnya.

“Harapan saya sebagai kepala desa situ sari, mudah-mudah Pemerintah Provinsi dan Kementrian memberikan ijin untuk mengelola Situ Tunggilis ini menjadi destinasi wisata keluarga. Karena pemerintah provinsi dan kementrianlah yang berkewenangan memberikan ijin terwujudnya destinasi wisata keluarga situ Tunggilis ini berjalan,” harapnya.

“Disini juga saya selaku kepala desa situ sari meminta dukungan semua elemen masyarakat (steakholder) supaya cepat terwujud,” tutup M. Dahlan diujung pembicaraannya.

Sementara itu, Camat Cileungsi, Adhi Nugraha juga mengatakan, kami dari pemerintah kecamatan membantu dan mendukung terwujudnya destinasi wisata keluarga didesa situsari dengan media situ tunggilis ini.

“Walaupun menempuh proses yang lumayan panjang, dalam kepengurusan perizinan yang harus menempuh sampai kementrian, warga dan pemerintah desa situ sari harus bersabar. Saya juga berharap ini cepat terwujud, karena warga khususnya warga Cileungsi setelah pandemi ini berlalu pasti mencari tempat wisata, dan apabila ini sudah jadi situ tunggilis ini jadi destinasi wisata, sudah pasti warga sekitar Cileungsi akan kesini,” tuturnya.

“Soalnya jarak tidak terlalu jauh, lokasi strategis, dan parkiran luas dan otomatis income desa situ sari bertambah, dan juga membuka lowongan pekerjaan. Inilah salah satunya manfaat apabila terwujudnya situ tunggilis ini jadi destinasi wisata.” pungkas Adhi Nugraha, Camat Cileungsi. (Bagar)

 

Editor : Admin

 105 total views,  1 views today