Jelang Ramadhan dan Idul Fitri, Pemkab Beltim Menjamin Ketersediaan dan Harga Kebutuhan Pokok Akan Stabil

Belitung Timur – Lensa expose.com

Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Perdagangan (DPMPTSPP) Kabupaten Belitung Timur, menjamin stok bahan kebutuhan saat jelang Ramadhan dan Idulfitri aman. Kestabilan harga-harga bahan pokok termasuk bumbu serta daging ayam dan sapi juga akan terus dijaga hingga hari raya.

Kepala Bidang Perdagangan DPMPTSPP Kabupaten Beltim Asep Suharyanto mengatakan stok kebutuhan dan harga bahan pokok di Kabupaten Beltim satu minggu jelang Ramadan 1442 Hijriah masih normal. Distribusi barang pun disebutnya lancar.

“Kalau untuk stok jelang Ramadan aman dan tidak ada kenaikan harga. Distribusinya lancar, baik yang didalam maupun dari luar Pulau Belitung,” ungkap Asep kepada Diskominfo Beltim, di ruang kerjanya, Kamis (8/4/21).

Setiap dua hari sekali hingga jelang hari raya, DPTMPTSPP Beltim akan memantau kondisi harga hingga stok bahan kebutuhan. Bahkan Kementerian Perdagangan, Satgas Pangan turut dilibatkan untuk menjaga kestabilan harga dan stok barang pokok.

“Kita lewat Zoom meeting sudah membahas terkait persiapan Hari Ramadhan dan hari besar keagamaan. Termasuk besok (hari ini-red) kita rapat dengan tim Satgas Pangan Polda Babel, Polres dan Dinas Ketahanan Pangan serta Dinas Perdagangan Provinsi,” ujar Asep.

Jika sampai terjadi kenaikan harga bahan kebutuhan penting, Asep menyatakan salah satu yang akan dilaksanakan dengan melakukan operasi pasar murah. Seperti tahun-tahun sebelumnya, Kementerian Perdagangan akan menunjuk agen-agen besar baik di pusat maupun provinsi.

“Antispiasinya kita kerja sama dengan pelaku usaha. Regulatornya kan dari Provinsi, mereka yang akan memerintahkan kita hanya fasilitator,” kata Asep.

Bahkan untuk antisipasi harga daging sapi ataupun ayam yang biasanya akan melonjak tinggi jelang hari raya, Kementerian Perdagangan pun sudah memerintahkan beberapa perusahaan yang bergerak di bidang itu untuk serasa mensuply ke daerah-daerah.

“Yang jelas masyarakat tidak perlu khawatir, pemerintah akan menjamin ketersedian dan harga bahan kebutuhan pokok saat Ramadhan dan Idul fitri,” ucap Asep.

Gelar Pasar Murah Bersubsidi,
Pemkab Belitung Timur akan mengadakan pasar murah bersubsidi untuk tiga bahan pokok penting. Kegiatan pasar murah akan dilaksanakan satu minggu jelang Idulfitri.

“Kalau Pasar murah bersubsidi jadi, kemungkinan tujuh hari sebelum Idulfitri nanti kepala daerah yang launching. Kita sedang menyiapkan kelengkapan administrasi untuk pengadaan bahan pokok penting untuk kegiatan ini,” ujar Asep.

Pasar murah bersubsidi ini akan menyasar warga kurang mampu yang ada di Kabupaten Beltim. Setidaknya 8.000 lebih warga akan menerima subsidi pada pasar murah ini.

“Kita sudah bersurat ke kecamatan untuk diteruskan ke desa-desa. Kita minta daftar nama-nama calon penerima sesuai dengan yang ada di Basis Data Terpadu Kesejahteraan Sosial,” ungkapnya.

DPMPTSPP Beltim juga sudah menyiapkan anggaran kurang lebih Rp 800 juta untuk subsidi kegiatan pasar murah ini. Paket bahan pokok penting terdiri dari 5 kilogram beras, dua liter minyak goreng dan dua kilogram gula pasir.

“Kalau harganya belum, karena nanti akan dikaji oleh konsultannya. Berapa harga yang pas untuk subsidinya. Besok mereka akan survey awal untuk harganya,” kata Asep.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, kegiatan pasar murah bersubsidi akan dilaksanakan di setiap kecamatan. Para penerima manfaat, akan diberikan kupon yang dapat ditukarkan dengan paket bahan pokok penting. (Beny)

 117 total views,  1 views today