Pasca Longsor, Satgas JAGASATRU Pemuda Pancasila Kab.Garut dan Warga Laksanakan Kerja Bhakti

Kab. Garut – Lensa Expose.com

Guna mempercepat penanganan pasca longsor, Satuan Tugas (Satgas) dari JAGASATRU (Jag-jag Raga Satria Rumaksa/Menjaga Perseteruan) MPC Pemuda Pancasila Kabupaten Garut dan Babinsa, Koramil 1111/Tarogong bersama dengan warga masyarakat melaksanakan kegiatan kerja bakti gotong-royong.

Kegiatan kerja bakti tersebut membersihkan tanah dan puing-puing yang menimpa bangunan Pos Ronda di Kp.Limus Haseum Rt/Rw. 01/08, Desa Sirnajaya, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut Jawa-Barat.

Menurut Ketua Satgas JAGASATRU MPC.PP Kab.Garut, Jaka Umara ketika ditemui media lensaexpose.com, Sabtu (3/4/21) di lokasi longsor mengungkapkan, pihaknya setelah menerima laporan dari satgas kecamatan tepatnya setelah sholat subuh pada pukul 04.50 WIB langsung koordinasi untuk segera mengerahkan anggota Satgas Jagasatru sekitar 15 orang terjun ke lokasi melakukan pembersihan tanah/puing longsor.

“Insya Allah kami dari Satgas Jagasatru Pemuda Pancasila akan membantu baik tenaga maupun materi, tentu saja dengan kehadiran anggota Satgas Jagasatru di lokasi longsor sangat berarti bagi warga yang membuat mereka semakin semangat dalam bekerja bakti dalam membantu menangani pembersihan puing-puing/lumpur sisa longsoran tanah,” ungkapnya.

Kendati demikian, Jaka Umara memaparkan kegiatan kerja bakti yang di motori tersebut merupakan wujud nyata bentuk kepedulian bidang sosial dan cepat tanggap dalam menangani bencana alam, pihaknya melakukan sinergitas dengan Babinsa dan Pemerintah Desa Sirnajaya guna mengatasi kesulitan masyarakat.

“Kami dari Satgas Jagasatru MPC.PP Kab.Garut terus bersinergi dengan pihak-pihak terkait dalam membantu menangani bencana alam yang terjadi di Kabupaten Garut,

Harapan kami kedepan akan berkoordinasi dan mengajukan ke dinas terkait apabila ada musibah/bencana alam untuk menjaga keamanan, kenyamanan dan ketertiban lingkungan,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Sirnajaya, Odang didampingi Babinsa Koramil 1111/Tarogong, Serma TNI Dadang Hermawan menuturkan, dirinya menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Satgas Jagasatru PP Kab.Garut dan warga masyarakat yang telah melaksanakan kerja bakti membersihkan tanah longsor yang terjadi di Kp.Limus Haseum Ds. Sirnajaya Kec.Tarogong Kaler pada hari, Kamis (1/4/2021).

“Saya ucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu sumbangsihnya baik tenaga maupun materi atas musibah longsornya tanah tersebut dan semoga Alloh Swt menggantikan amal ibadah ibu/bapak sekalian,” tuturnya.

Lanjut Odang, pihaknya menghimbau kepada warga masyarakat khususnya di desa Sirnajaya untuk tetap waspada dan hati-hati mengingat saat ini musim penghujan,

“Alhamdulillah tidak ada korban jiwa saat longsor terjadi hanya menimpa bangunan pos ronda saja, saya berharap warga tetap waspada dan hati-hati, mudah-mudahan tidak terjadi longsoran susulan,” pungkasnya. (Suwito/Dede Orenz)

 

Editor : Rdy

 3,768 total views,  1 views today