Hari Jadi Ke-18 Beltim, Satuan Polairud Sinergi Bersama Dinas Lingkungan Hidup Tanam 300 Pohon di Pantai Menara

Belitung Timur, Lensa Expose.com

Satuan Polairud Polres Belitung Timur Bersama Dinas Lingkungan Hidup dan juga Instansi terkait melaksanakan kegiatan Penanaman Pohon Cemara dan Ketapang sebanyak 300 bibit di Pantai Menara Kab. Beltim dalam Rangka Memperingati Hari Jadi Ke-18 Kab. Beltim Tahun 2021.

Adapun pihak yang di libatkan dalam penanaman pohon tersebut yakni, PT. Timah, Saka Kalpataru (Pramuka) serta Pecinta Lingkungan Hidup Komunitas Akar Bakau, Karang Taruna (Katar) Pelangi dan juga sinergitas masyarakat setempat. Kegiatan itupun dipimpin langsung oleh Kasat Polairud Iptu Suroso, SH yang didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Novis Ezuar, ST, M.I.L pada Jum’at, (29/1/21).

Penamanan pohon cemara dan pohon ketapang dilakukan secara bersama-sama di sepanjang Pantai Menara Dusun Kampung Baru Manggar. Tanaman yang di tanam disepanjang pantai tersebut sebanyak 200 pohon jenis Cemara, dan pohon Ketapang sebanyak 100 batang.

Ditanamnya pohon-pohon tersebut disepanjang pesisir pantai, karena Pohon Cemara sendiri memili akar yang kuat dan mempunyai fungsi vital bagi tanah juga berguna mencegah abrasi di pesisir pantai. Seperti halnya dengan tanaman bakau.

Tak heran jika di beberapa wilayah pantai atau perairan di beberapa negara ditumbuhi pohon cemara. Selain punya akar yang kuat, pohon cemara juga tahan guncangan dan hembusan angin pantai yang kencang sekalipun. Ini sangat berguna untuk menahan gelombang tsunami yang datang.

Seperti yang disampaikan Oleh Kasat Polairud Polres Beltim saat memimpin apel persiapan penanaman pohon, bahwa kegiatan ini merupakan partisipasi kita bersama dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Ke-18 Kab. Beltim Tahun 2021 yang jatuh pada tanggal 27 Januari 2021.

“Kegiatan yang dilaksanakan hari ini semoga menjadi manfaat kedepan, baik untuk lingkungan maupun menambah keindahan pesisir Pantai Menara dan khusus untuk kita sendiri. Dengan penanaman ini yang merupakan salah satu upaya kita untuk mencegah terjadinya abrasi Pantai, menahan gelombang dan angin kencang agar tidak langsung berhembus kerumah-rumah yang ada di pesisir Pantai,” ujar Kasat Polairud.

Dikesempatan yang sama, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Novis Ezuar, ST, M.I.L juga menyampaikan, apa yang dilakukan hari ini merupakan hal yang sangat positif. Dilain waktu kita bisa melakukan di tempat yang lain, dan dalam jumlah yang lebih besar. Ungkapnya.

“Sinergitas yang dilaksanakan hari ini merupakan bentuk kepedulian kita kepada lingkungan, khususnya pesisir Pantai. Kita ketahui bersama, wilayah geografis Kab. Beltim di kelilingi oleh lautan yang mana bisa saja setiap saat mengalami luapan air laut seperti yang pernah terjadi beberapa pekan lalu. Sempat terjadinya banjir Rob yang sempat naik kedaratan,” terangnya.

Menurutnya, dengan adanya banyak pohon yang telah ditanam hari ini, kedepan jika hal itu terjadi pohon-pohon tersebut bisa membantu untuk menahan terjadinya luapan air yang berlebihan, pungkas Novis Ezuar.

 

Penulis : Tomy

Editor   : Rudi H

 1,261 total views,  1 views today